By | January 17, 2021

Meski begitu, sejauh ini belum ada penyelidikan yang diluncurkan untuk melihat bagaimana vaksin yang ada saat ini bekerja melawan varian virus yang ditemukan di Vietnam. Kemudian varian virus corona yang pertama kali diidentifikasi di Afrika Selatan sudah muncul di Carolina Selatan dan Maryland. Tidak hanya menimbulkan risiko kematian tinggi, varian B.1.1.7 juga memiliki tingkat reproduksi 0.5 kali lebih tinggi dari varian virus corona “normal”.

Ia menjelaskan dari 30 provinsi yang memberlakukan kebijakan PPKM Mikro, sebanyak eleven provinsi mengalami kenaikan COVID-19. Adapun lima provinsi yang mengalami peningkatan kasus positif Tembak Ikan Terpercaya cukup signifikan yakni Kepulauan Riau, Riau, Sumatera Selatan, Aceh dan Kalimantan Barat. Menurutnya, kenaikan kasus ini mayoritas disebabkan kepulangan pekerja migran Indonesia .

Virus corona hasil mutasi di India dilaporkan paling banyak ditemukan di provinsi Sumatera dan Kalimantan. Hasil studi di beberapa negara menunjukkan vaksin Covid-19 yang beredar tetap efektif melawan varian baru virus corona. Jika varian itu menyebar dengan cepat ke seluruh dunia, maka vaksin yang ada saat ini mungkin tidak akan efektif lagi, dan virus dapat lolos dari sistem kekebalan.

Beberapa varian baru covid

Mutasi virus ini dicurigai dapat mempengaruhi netralisasi beberapa antibodi. Karakter B.1.17 lebih cepat menular dan dinilai berkaitan dengan peningkatan kematian yang tercatat di negara itu. Setelah vaksinasi, seorang wanita tua dan putrinya mendayung menjauhi Bwama, pulau terbesar di Danau Bunyonyi di Uganda.

Nah, terkait kemungkinan adanya mutasi virus corona di Bangkalan hingga membuat lonjakan kasus, Nasih menyebut pihaknya masih melakukan penelitian lanjutan. Sebuah ruangan berkapasitas sekitar 10 pasien atau tempat tidur pun disiapkan pihak rumah sakit plat merah ini. Satu ruangan ini diharapkan mampu meng-cover pasien dengan indikasi varian baru virus corona. Sakit tenggorokan dan batuk-batuk memang sudah lumrah jadi gejala virus corona jenis lama. Untuk varian baru corona, gejala ini juga ditemukan pada sekitar 35 persen jumlah kasus sebagai gejala awal sejak terinfeksi.

Belum adanya vaksin untuk anak-anak juga disinyalir menjadi pemicu kenaikan kasus positif pada mereka. Sayangnya, di tengah kondisi seperti itu, kini aktivitas anak justru dilonggarkan. Terkait mutasi atau varian baru di Indonesia, lanjut Nadia, masih terus diteliti dan melakukan pengujian pada 786 laboratorium. Mutasi varian ini yang disebut E484K juga diperkirakan bisa menghindari sistem kekebalan tubuh seseorang. Penelitian telah menunjukkan bahwa masker cukup untuk menghentikan banyak percikan atau droplets agar tidak masuk, tentu dengan penggunaan yang benar mulai dari atas hidung dan di sekitar dagu.