By | January 27, 2021

Pembebasan PPh 22 atas penjualan barang untuk penanganan COVID-19 kepada badan/instansi pemerintah, rumah sakit rujukan, atau pihak lain yang ditunjuk untuk membantu penanganan COVID-19, berlaku April s.d. Pembebasan PPh 22 Impor dan/atau PPh 22 atas impor dan/atau pembelian barang untuk penanganan COVID-19 yang dilakukan oleh badan/instansi pemerintah, rumah sakit rujukan, atau pihak lain yang ditunjuk untuk membantu penanganan COVID-19, berlaku April s.d. Pemerintah memastikan ketersediaan anggaran untuk mempercepat upaya penanganan Covid-19, dengan tetap menjaga kesehatan dan kesinambungan keuangan negara.

Sementara itu, Kepala Desa Jarorejo, Sugiman menyayangkan, karena warganya yang divonis terkonfirmasi Covid -19 dan meninggal hingga saat ini belum dapat bantuan atau santunan dari pemerintah. Pemerintah mengalokasikan Rp2,6 triliun untuk Program PEN Pesantren, terdiri atas Bantuan Operasional Pendidikan untuk Lembaga Pesantren/MDT/ LPA sebesar Rp2,38 triliun, serta bantuan pembelajaran daring bagi pesantren selama three bulan sebesar Rp211,7 miliar. Beberapa alokasi dan kegiatan dengan total anggaran sebesar Rp991,eight miliar tersebar di beberapa Kementerian/Lembaga (K/L selain Kementerian Agama), dengan penerima manfaat adalah dari kalangan pesantren. Kementerian Keuangan berkolaborasi dengan Gugus Tugas Penanganan Covid-19 dan K/L mengatasi masalah ini. Kami mengajak seluruh pemangku kepentingan dan warga negara untuk berkontribusi dan mendukung langkah pemerintah. “Ada delapan ahli waris yang mengajukan permohonan, meskipun korban meninggal akibat Covid-19 di Kota Pekalongan, sudah mencapai 21 orang.

Instansi pemerintah pusat maupun daerah dapat memanfaatkan sumber pendanaan tersebut sesuai dengan peruntukannya untuk penanganan dampak Covid-19 dan persiapan masa restoration. Pengalokasian kembali terutama namun tidak terbatas pada upaya pengalokasian anggaran belanja modal ke belanja operasional. Hal ini penting untuk dilakukan karena prioritas utama kini menuju ke arah penanggulangan Covid-19 serta berbagai efek dominonya. Kegiatan ini bisa dilakukan dengan mengurangi/menghentikan sementara kegiatan pembangunan infrastruktur, maupun kegiatan investasi lainnya direalokasikan untuk pengeluaran penanggulangan Covid-19.

Penanganan bagi korban covid

Sebanyak enam anggota Bhabinkamtibmas Polres Klaten memperoleh penghargaan atas pengabdiannya menjalankan tugas di tengah masyarakat di Mapolres Klaten. Kantor Dinas Arpus Karanganyar memiliki Ruang Audio Visual menyerupai bioskop mini, yang dibangun dengan dana Rp841 juta. Luas wilayah Kota Solo bertambah 2,68 kilometer persegi setelah dilakukan penghitungan ulang pada lahan berstatus milik pribadi masyarakat yang sudah bersertifikat.

Sementara itu pada perempuan dengan HIV/AIDS serta perempuan berorientasi seksual sejenis dan transeksual, selain kasus kekerasan, dilaporkan juga kasus diskriminasi dalam layanan publik, termasuk dalam mengakses bantuan di masa pandemic COVID-19. Menyesuaikan kondisi pandemik COVID-19, pada tahun ini Komnas Perempuan mengirimkan formulir kuesioner dalam dua format yaitu google form dan dalam format word. Formulir ini memuat tentang identifikasi kasus kekerasan berbasis gender. Kesediaan pemerintah maupun organisasi masyarakat sipil mengisi dan mengembalikan formulir ini sangat membantu Komnas Perempuan dalam menyajikan knowledge. Semestinya tidak ada penolakan, terlebih lagi ini masa bencana nasional, namun demikian harusnya jauh-jauh hari sudah diterangkan ke masyarakat. “Secara agama penolakan pemakaman jenazah juga tidak dibenarkan dengan alasan apapun.

Katanya, fasilitas kesehatan telah memadai untuk melakukan terapi pendukung bagi korban terinfeksi virus corona. Diah menjelaskan prosedur yang dilakukan terhadap pasien terduga mengidap virus corona adalah dengan menempatkannya dalam ruang isolasi. Integrasi data nasional Bersatu Lawan Covid-19 memiliki dua fungsi, masing-masing ditujukan untuk pengambil kebijakan dan masyarakat. Bagi pengambil kebijakan, sistem ini memberikan data Slot Online Terbaik antara lain berupa knowledge kependudukan, kesehatan dan logistik dari 514 kabupaten/kota dan 34 provinsi. Data-data tersebut dapat digunakan untuk mengambil kebijakan yang akurat, terukur dan efektif. Pada akhir Maret, Kominfo bersama Kantor Staf Presiden meluncurkan aplikasi berbasis komunitas bernama 10 Rumah Aman untuk memantau persebaran virus corona di lingkungan rumah.

“Jangan sampai terlambat hingga situasinya menjadi kritis dan tidak terkendali. Mohon kepada seluruh bupati dan wali kota untuk segera memperbaiki penanganan COVID-19 di daerah masing-masing,” ujarnya. Wiku mengimbau pemerintah daerah untuk segera mengantisipasi sebelum keadaan menjadi kritis dan tidak terkendali. Ini terjadi, masih menurut Fukuyama, karena nilai-nilai dan norma-norma itu bukan untuk menghasilkan dan meningkatkan modal sosial, melainkan digunakan untuk kejahatan. Oleh karena itu, nilai-nilai dan norma-norma yang menghasilkan modal sosial harus secara substantif memasukkan nilai-nilai kejujuran, pemenuhan tugas, dan kesediaan untuk saling menolong. Selain penambahan jumlah pengangguran, angka kemiskinan juga naik tinggi.