By | June 25, 2020

Maka, jika dilihat dari segi ini, investasi saham hukumnya halal. Saham adalah surat berharga yang merupakan bukti atas bagian kepemilikan suatu perusahaan. Walhasil, ceruk perbedaan hukum antara investasi dan buying and selling adalah terletak pada spekulasinya.

Mandiri Sekuritas sudah mendapatkan izin penyelenggaraan System Online Trading Sharia dari DSN-MUI untuk melayani investasi saham syariah kepada nasabah. Selain saham syariah, Mandiri Sekuritas juga mengantongi izin sebagai Mitra Distribusi Surat Berharga Negara Syariah Retail dan menjadi Agen Penjual Efek Reksa Dana untuk produk-produk reksa dana syariah. Tanpa rekening efek, kamu tidak bisa transaksi jual beli saham. Untuk itu, buat dulu rekening saham atau efek di salah satu perusahaan sekuritas.

Sedangkan Trader adalah orang yang melakukan aktivitas jual beli saham dalam jangka pendek. Para trader memanfaatkan momentum fluktuasi atau pergerakan naik turun harga saham untuk mengambil keuntungan. Trader memakai analisa teknikal sebagai dasar pengambilan keputusan dalam aktivitas jual beli saham.

“Kami mengajak umat selain untuk investasi saham syariah, juga berkontribusi membangun negara melalui pajak. Ia berharap, kegiatan ini menyentuh hingga seluruh Indonesia. Targetnya, bertumbuhnya transaksi yang akan banyak menghimpun pajak.

Dalam setahun jika kondisinya seperti itu, paling tidak BMT-nya mendapat keuntungan 720%. Modalnya dalam setahun kembali sebesar 7 kali lipat lebih. Contohnya, di Bursa saham transaksi jual-beli saham mencapai antara Rp 200 milyar hingga Rp 1 trilyun PER HARI. Uang tersebut tidak bermanfaat apa-apa karena hanya beredar di antara orang-orang kaya saja.

Cara bermain saham yang halal

Tapi, bukan berarti bahwa karena ada jenis saham yang haram lalu kita kemudian menjauhinya dan memilih menanamkan modal pada investasi yang tidak jelas hukum dan keuntungannya. Bila semua mekanismenya sesuai dengan syariat Islam, atau dalam hal ini DNS MUI (Dewan Syariah Nasional – Majelis Ulama Indonesia), maka saham tersebut bisa dikategorikan sebagai saham syariah. Tapi bila tidak, maka tentu lebih tepat digolongkan sebagai saham konvensional.