By | January 17, 2021

Ini telah dibuktikan untuk menghindari efek pengobatan antibodi monoklonal Lilly tetapi tidak dibuat oleh Regeneron. Tes darah menunjukkan itu mungkin lolos dari respons imun alami dan yang ditimbulkan oleh vaksin. Varian yang dinamakan B.1617 itu saat ini disebut-sebut sebagai dalang dari kenaikan infeksi Covid-19 yang telah membuat fasilitas kesehatan negara itu kelimpungan. Bahkan B.1617 juga diindikasikan lebih berbahaya dan lebih kebal vaksin. Mengenal Delta Coronavirus, varian baru mutasi virus Corona yang lebih cepat menular.

“Jadi itu berarti kami berada dalam posisi yang berbeda dari terakhir kali kami menghadapi varian baru sebelum Natal karena skala peluncuran vaksin kami,” tambah Johnson. Empat orang di Inggris meninggal setelah tertular oleh virus Covid-19 varian India. Meski demikian, Agung mengimbau agar masyarakat tidak perlu khawatir tentang efikasi dari vaksin yang diberikan di Indonesia. Sebab, ia menegaskan, Sinovac masih dapat digunakan pada kedua varian tersebut. ZONA SURABAYA RAYA – Varian baru atau mutasi baru Covid-19 dikabarkan telah muncul di Kabupaten Bangkalan, Madura. Meski varian Covid-19 B1617 belum ditemukan di Indonesia, pemerintah tetap memperkatat aturan bagi pelaku perjalanan internasional.

Gejala infeksi saluran pencernaan yang terkait dengan COVID-19 termasuk kehilangan rasa lapar, muntah, sakit perut, dan buang air besar. Penemuan varian baru Covid-19 didasari dengan hasil sampel yang dilakukan oleh Institut Virologi Nasional, Pune, kepada pelancong dari Inggris dan Brazil yang berpergian ke India. Dia menjelaskan hasil complete genome sequencing dari ITD membutuhkan proses yang cukup lama. “Uji juga harus dirancang dengan baik, agar memungkinkan penilaian setiap perubahan efikasi dan dapat terlihat, harus memiliki skala dan keragaman yang memadai untuk memungkinkan hasil interpretasi yang jelas,” lanjut Wiku.

Hal ini terjadi lantaran seluruh vaksin corona yang digunakan masih menggunakan sampel Covid-19 yang belum bermutasi. Varian B117 saat ini merupakan varian yang paling banyak dilaporkan oleh orang dari berbagai negara. WHO mencatat berbagai peningkatan kasus sampai 49% varian B117 yang bersirkulasi di Asia Tenggara.

Sebab, varian baru tersebut terdiri dari multipel mutasi pada protein S, maka diagnosis Covid-19 sebaiknya tidak menggunakan gen S karena bisa memberikan hasil negatif palsu. Otoritas nasional beberapa negara Eropa saat ini sedang melakukan pengambilan sampel yang intensif untuk mengkarakterisasi genom virus dan memahami seberapa luas varian baru ini beredar. Untuk itu vaksin Covid-19 yang sedang dalam pengembangan atau sudah disetujui diharapkan dapat memberikan setidaknya beberapa proteksi untuk melawan varian virus baru. Karena pada prinsipnya vaksin Covid-19 dalam pengembangannya memperhatikan respon imun yang luas dan mempertimbangkan berbagai antibodi dan sel.

Masyarakat diimbau untuk semakin ketat menerapkan protokol kesehatan 3M dan mengurangi mobilitas ke luar rumah apabila tidak mendesak. Surabaya, IDN Times – Institute of Tropical Disease Universitas Airlangga telah menemukan dua varian baru Tembak Ikan Terpercaya COVID-19 di Jawa Timur. Di saat bersamaan, kasus COVID-19 di Bangkalan tengah melonjak bahkan membuat tenaga kesehatannya meninggal dunia. Dinkes Bali mendeteksi temuan baru varian baru covid-19 yang berasal dari Afrika dan Inggris.

Beberapa varian baru covid

Menkes Budi Gunadi Sadikin dalam telekonferensi pers di Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin, 10 Mei 2021 mengatakan varian atau mutasi virus Corona banyak ditemukan di Sumatera dan Kalimantan . Sementara itu, para peneliti menganggap Johnson & Johnson mampu efektif melawan varian Afrika Selatan dengan efektivitas 85%. Persentase tersebut dinilai dapat mencegah parahnya efek samping akibat Covid-19. Novavax juga sanggup melawan varian Afrika Selatan dengan efektivitas 50%. Dengan metode Next Generation Sequencing , para ilmuwan kini mampu memecahkan kode genetik seluruh genom virus. Mereka dapat mendeteksi perubahan amat kecil dalam susunan genetik virus dengan melihat fragmen DNA, dan dengan demikian dapat menentukan asal dan pola penyebaran varian virus.