By | January 25, 2021

Ketersediaan vaksin yang juga terbatas telah memperlambat upaya vaksinasi di dalam negeri, dan memaksa India untuk menghentikan ekspor ke negara lain. Sementara, Serum Institute menandatangani kesepakatan dengan perusahaan biotek Amerika Serikat untuk memproduksi vaksin secara lokal. Dia menjelaskan, pemerintah juga sedang dalam tahap pembicaraan lanjutan dengan produsen vaksin lain. Para pejabat AS mengatakan bahwa di bawah rencana itu, Amerika Serikat dan Jepang akan membantu India memproduksi vaksin-vaksin yang dikembangkan perusahaan obat AS Novavax Inc serta Johnson & Johnson. Selain itu, Olivia menegaskan bahwa WHO sudah memberikan arahan bahwa vaksin Covid-19 perlu memiliki persyaratan minimal untuk mendapatkan izin penggunaan darurat dari WHO. “Hal ini demi memastikan vaksin Covid-19 yang digunakan di dunia aman, efektif, dan terpenuhi persyaratan-persyaratan yang dibutuhkan,” terangnya.

Menteri Riset dan Teknologi /Kepala Badan Riset dan Inovasi Nasional (Menristek/BRIN) Bambang Brodjonegoro menuturkan, pandemi yang telah menyebabkan masalah kesehatan dan ekonomi saat ini hanya bisa diselesaikan jika vaksin ditemukan. Meski sebelumnya vaksin sudah jadi bagian dari penelitian tim konsorsium riset dan inovasi covid-19, pemerintah memandang perlu untuk dibentuk tim khusus peneliti vaksin dari lintas kementerian/lembaga. Pemerintah memutuskan membentuk tim khusus untuk penelitian vaksin Covid-19, termasuk mulai membuka diri bekerja sama dengan pihak luar negeri. Pelaksanaan uji klinis yang baik akan menghasilkan data yang legitimate dan dapat dipertanggungjawabkan secara etik maupun ilmiah sebagai produk aman, bermutu, memiliki khasiat atau efikasi.

Badan POM memastikan uji klinis vaksin produksi Sinovac Tiongkok dilaksanakan sesuai dengan protokol. Ini sebagai bagian dari tugas dan fungsi Badan POM sebagai otoritas obat di Indonesia untuk melakukan medical trial oversight. Pendampingan dilakukan Badan POM bertujuan agar vaksin yang dihasilkan dapat benar-benar memberikan khasiat dengan keamanan dan kualitas yang terjamin, serta tersedia dalam jangka waktu sesuai yang diharapkan. Bambang menjelaskan pengembangan vaksin covid-19 buatan dalam negeri atau vaksin Merah Putih yang berbasis virus Indonesia ini terus dikerjakan. Sementara dalam pemenuhan vaksin jangka panjang, Bio Farma bergabung dalam konsorsium nasional vaksin Covid-19. Konsorsium berisi sejumlah lembaga penelitian dan perguruan tinggi itu merencanakan produksi vaksin massal pada 2022.

Indonesia sedang memproduksi vaksin

Program vaksinasi di Indonesia sendiri berjalan lambat karena kurangnya pasokan. Namun, dari 270 juta penduduk Indonesia, baru kurang dari 5 persen yang telah divaksin lengkap. Dilansir dari South China Morning Post, Menteri Luar Negeri China Wang Yi bertemu dengan utusan khusus presiden Indonesia Luhut Binsar Panjaitan di kota barat daya Guiyang pada Sabtu (5/6). “Pembentukan holding BUMN farmasi ini merupakan salah satu milestonedalam rangka pembentukan ekosistemhealthcaredi Indonesia, sehingga dari hulu ke hilirnya dapat dikelola semua dengan baik,” tukas Honesti pada Januari silam. “Faktor-faktor kelompok umur, keadaan sosial ekonomi, dan letak geografis lebih berperan dalam menentukan kondisi kesehatan serta kekebalan tubuh seseorang,” terangnya.

Hal itu terlihat dari kemampuan BUMN ini memproduksi vaksin sebanyak dua miliar unit. Masyarakat perlu sedikit bersabar hingga hasil uji klinik fase III selesai dan izin Badan Pengawas Obat dan Makanan keluar terlebih dahulu, baru vaksin Covid-19 bisa beredar di Indonesia. “Kita masih menunggu proses riset yang sedang dilakukan oleh lima pihak ini. Kita juga terus menargetkan dalam waktu dekat atau awal tahun depan bisa segera di produksi setelah uji klinis,” paparnya. Saat ini lima perusahaan tengah melakukan riset terhadap kandidat vaksi virus corona buatan Indonesia ini. Sementara menurut, Kepala Dinas Kesehatan Jawa Barat Berli Hamdani, keberadaan vaksin yang diimpor dari perusahaan farmasi di China itu tidak melalui Pemprov Jabar.

“Ini membedakan vaksin investigasi ini dari banyak vaksin Covid-19 lainnya yang sedang dikembangkan,” kata Prof Ooi, yang juga anggota Dewan Penasehat Ilmiah Platform Vaksin Arcturus, dikutip dari The Straits Times. Lucia mengatakan Badan POM akan mengevaluasi saat knowledge mutu produk seluruhnya telah tersedia. Biaya whole Situs Slot Judi Online Resmi di Indonesia sebenarnya mungkin lebih tinggi, tergantung pada tingkat efektivitas vaksin dan jenis vaksin . Jika efektivitas vaksin rendah, maka jumlah populasi yang perlu divaksinasi perlu lebih tinggi dari 50% untuk dapat mencapai kekebalan kelompok.

Sementara itu kapasitas produksi vaksin di Indonesia dari Bio Farma saat ini hanya 250 juta dosis. Diharapkan dengan adanya keterlibatan swasta akan mempercepat proses vaksinasi di Indonesia. Nanogen akan bekerja sama dengan Universitas Kedokteran Militer untuk merekrut sukarelawan untuk uji klinis tahap pertama. Pada pertemuan tersebut, para ahli dan produsen vaksin membahas kemajuan produksi vaksin dan tantangan selama pengembangan vaksin, serta menguraikan solusi untuk waktu ke depan. Dilansir dari Tempo.co, Bio Farma akan menggunakan anggaran riset dari pemerintah, sedangkan untuk proses produksi, Perseroan akan menggunakan anggarannya sendiri.

Anggota Komisi VII DPR-RI ini menilai produksi dan penggunaan vaksin Merah Putih menjadi penting agar Indonesia tidak tergantung pada vaksin impor dan sekedar menjadi pasar bisnis vaksin semata. Selain itu, dia juga tidak ingin devisa negara yang terbatas ini terkuras habis untuk membeli vaksin impor. Sumber ABC di kalangan pemerintah mengatakan pengumuman bersama ketiga menteri ini menunjukkan tekad Australia untuk meningkatkan pengaruh regional pasca pandemi. Komitmen ini merupakan dana tambahan setelah sebelumnya Australia telah berkomitmen sebesar Rp3 triliun untuk membantu negara-negara Pasifik yang mengalami kesulitan ekonomi akibat pandemi. Honesti mengatakan Indonesia setiap bulan telah memperoleh jadwal tetap kedatangan bahan baku vaksin dari Sinovac. Sehingga, mulai 30 Maret sudah bisa digunakan untuk produksi, dimana produksi sebelumnya hanya bisa dilakukan di fasilitas produksi Gedung no. 21.

Bio Farma dengan Sinovac dalam hal pelaksanaan uji klinik fase III dan switch teknologi untuk pengembangan produksi vaksin secara lokal dalam rangka memenuhi kebutuhan akses dan ketersediaan vaksin Covid-19 untuk masyarakat Indonesia. Menurut Badan Pengawas Obat dan Makanan , vaksin Sinovac telah melalui serangkaian tahap pre klinis serta uji klinis fase I dan fase II di Tiongkok. Sebelum pandemi Covid-19 mengguncang, Sinovac tengah berada dalam proses mengembangkan vaksin baru terhadap enterovirus seventy one, yang menyebabkan penyakit tangan, kaki dan mulut yang parah di antara anak-anak. Terdeteksinya virus SARS baru di Wuhan pada Desember tahun lalu akhirnya menggerakan Sinovac segera untuk menemukan formulasi vaksin penangkalnya. Dimulai pada akhir Januari 2020, Sinovac menjadi salah satu dari empat produsen dunia yang sudah bergerak ke tahap akhir pengujian calon vaksin Covid-19.

Artinya, pemerintah pusat melalui Kementerian Kesehatan langsung berkoordinasi dengan FK Unpad maupun Biofarma. Menurut Wakil Dekan FK Unpad , Irvan Afriandi, hingga saat ini vaksin milik Sinovac memang belum bisa digunakan. Di Cina, kandidat vaksin Sinovac dan dua dari China National Pharmaceutical Group saat ini berada dalam uji coba tahap akhir. Tenaga medis dan pejabat di daerah perbatasan menjadi prioritas golongan yang mendapatkan suntikan vaksin. Bambang mengatakan penambahan fasilitas baru itu diperkirakan dapat menambah stok vaksin menjadi eleven,9 juta dosis, di mana sebelumnya hanya 7,9 juta dosis.