By | January 30, 2021

Hal ini dilatarbelakangi ketersediaan masker medis yang terbatas di berbagai negara. “Risiko penularannya dapat diturunkan hingga 75%. Jika pemakaian masker yang benar itu diikuti dengan disiplin menjaga jarak dan rajin mencuci tangan dengan air mengalir dan sabun, pencegahan penularan dapat ditekan sampai 90%,” kata Sigit. Salah satunya, dengan mendorong masyarakat untuk dengan disiplin memakai masker secara benar, menjaga jarak dan menghindari kerumunan, dan rajin mencuci tangan dengan sabun di air mengalir (3M – Memakai Masker, Menjaga Jarak, Mencuci Tangan). “Masker bedah dan masker kain dapat mengurangi penularan virus hingga 70 persen jika semua orang memakainya dengan benar di atas hidung dan mulut,” kata Purvi Parikh, seorang ahli alergi dan asisten profesor klinis di Departemen Kedokteran NYU Grossman School of Medicine.

Pada anak-anak, penggunaan masker ini tidak disarankan karena ukuran masker bisa terlalu besar sehingga tidak dapat memberikan perlindungan yang cukup. Masker bedah atau surgical masks merupakan jenis masker sekali pakai yang mudah dijumpai dan sering digunakan tenaga medis saat bertugas. Masker bedah dapat dijadikan pilihan untuk mencegah penyebaran Virus Corona karena memiliki lapisan yang mampu menghalau percikan air liur. Pihak berwenang di Lingwala, di pinggiran ibu kota Kongo, Kinshasa, menanggapi ancaman infeksi virus corona di kalangan siswa dengan amat serius.

Meski tidak dapat memberikan perlindungan a hundred persen, masker setidaknya dapat mengurangi paparan terhadap polusi. Maka dari itulah, virus tersebut ditakutkan dapat menyebar hanya dengan melalui berbicara secara tatap muka atau berdekatan dengan Daftar Slot Terpercaya orang yang batuk atau bersin tanpa memakai masker. Masker, terutama masker N95, bisa menyaring udara yang kotor sebelum terhirup oleh hidung. WHO menyatakan akan memperbarui panduan penggunaan masker ketika sudah ada bukti mengenai efektivitas masker kain corona.

Setiap siswa yang belajar di Sekolah Reverend Kim diharuskan untuk mengukur suhu tubuh sebelum diizinkan masuk gedung. Ketika virus ini sudah menginfeksi seseorang, kehadirannya langsung membajak sel-sel dalam tubuh orang tersebut untuk membuat replikanya. Jika sudah di replika di dalam tubuh orang tersebut, partikel virus baru ini dapat keluar dan menyatu dengan sel lain di dalam tubuh orang tersebut seperti dalam paru-paru, mulut, hingga hidung. Ketika orang tersebut batuk atau bersin, tubuh mereka akan menghasilkan tetesan kecil yang berisikan virus tersebut ke udara. Biarkan ia melihat langsung kalau mereka bisa tetap beraktivitas dan bicara dengan nyaman saat memakai masker, asalkan bahan dan ukurannya pas.

Seperti yang sudah dilaporkan, ketika semua orang di rumah memakai masker sebelum orang yang terinfeksi mulai menunjukkan gejala, risiko penularan berkurang hingga 79 persen. Studi lain pada 1.000 orang yang melakukan kontak dengan kelompok yang terinfeksi di Thailand juga menjadi sorotan CDC. Karenanya, masyarakat tetap mematuhi protokol kesehatan yang selama ini sudah dianjurkan, yakni mulai dari menggunakan masker, mencuci tangan dengan sabun serta tidak bepergian jika tidak penting. Apalagi, kini sudah semakin sulit menentukan masyarakat terkena virus korona atau tidak. Pemerintah Indonesia menganjurkan setiap warga yang beraktivitas di luar rumah untuk mengenakan masker.

Penting nya memakai masker

Achmad Yurianto ketika menjadi juru bicara Satgas COVID-19 menyebutkan bahwa seseorang tak memakai masker dan tidak menjaga jarak maka akan sangat rentan tertular. Merasa aman jika telah menggunakan masker sehingga Anda merasa tidak perlu lagi untuk menjalankan protokol kesehatan lain, seperti jaga jarak dan cuci tangan. BENGKULU, BE – Penggunaan masker untuk pencegahan penyebaran virus covid-19 bukan hanya untuk orang dewasa saja. Anak-anak pun juga sangat perlu dan penting menggunakan masker secara baik dan benar.

Pada ruangan berventilasi baik, jumlah droplet akan berkurang separuhnya dalam waktu 30 detik, sedangkan dalam ruangan tanpa ventilasi memerlukan waktu 5 menit, dan pada ruang berventilasi buruk memerlukan waktu 1,4 menit. Somsen, et al 2020 berkesimpulan dari penelitiannya bahwa memang perlu menggunakan masker wajah berkinerja tinggi untuk mencegah terjadinya penularan virus. Penelitian ini berimplikasi selain keharusan menggunakan masker, juga pentingnya ventilasi ruangan yang baik agar partikel virus yang ada dapat segera menghilang, dan juga disarankan agar kita jangan berlama-lama di dalam ruangan pada saat banyak orang. Masker kain dapat menghalau sebagian percikan air liur yang keluar saat berbicara, batuk, dan bersin sehingga, masker ini tetap dapat mengurangi penyebaran virus Corona di masyarakat, terutama dari orang yang terinfeksi virus namun tidak memiliki gejala apa pun. Untuk mengurangi resiko tersebut hanya dengan cara disiplin melaksanakan gerakan 4 M yaitu menjaga jarak, menggunakan masker dan sering-sering mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir atau menggunakan hand sanitizer. Sementara itu, Andika juga mengatakan perlunya masyarakat untuk cukup memakai masker kain adalah karena masker bedah dan masker N95 lebih dibutuhkan oleh tenaga medis yang memiliki risiko lebih besar terinfeksi virus karena harus menangani pasien COVID-19.

Herd immunity bisa dicapai jika memenuhi 70 persen populasi yang sudah divaksin. Tantangan ini tak mudah, karena akses negara miskin dan berkembang untuk mendapatkan vaksin masih terbatas, kesulitan distribusi, hingga golongan antivaksin. Pemerintah Kota Depok telah berusaha menggugah kesadaran warga dalam menggunakan masker dengan gerakan Dua Juta Masker. Jika di tempat umum, teman-teman juga bisa membaca teks petunjuk cara cuci tangan yang benar, yang biasanya tersedia di space cuci tangan. Seluruh jari direkatkan posisi ujung kuku berada di atas telapak tangan, lalu digosokkan.