By | January 28, 2021

Orang tua dan anak-anak sedang menghadapi disrupsi kehidupan yang besar akibat wabah penyakit Coronavirus (COVID-19). Penutupan sekolah, physical distancing, banyak hal berat yang harus dilalui dan tentunya ini adalah masa yang sulit bagi seluruh anggota keluarga. Kami duduk bersama Dr. Lisa Damour, seorang psikolog remaja, penulis best-seller dan kolumnis bulanan New York Times, untuk mengetahui lebih banyak tentang bagaimana keluarga bisa saling mendukung di tengah situasi saat ini. “Mereka harus berkeliling ke titik-titik yang tidak besar tetapi juga tidak kecil dimana titik-titik pengungsian terdiri dari keluarga inti, dan ini tidak mudah karena ada keluarga-keluarga yang bergabung. Itu yang terjadi di lapangan sehingga agak kesulitan membantu tenaga puskesmas untuk melakukan skrining pada populasi terdampaknya,” ungkapnya. Di beberapa laporan paparan Covid-19, salah satu yang menjadi faktor adalah kurangnya istirahat, maka di Puskor kami mohon relawan untuk menjaga kondisi tubuhnya.

• Jalankan etika batuk dan bersin dengan cara menutup mulut dan hidung dengan siku terlipat atau tisu. Jika menggunakan tisu, segera buang setelah digunakan dan cuci tangan. Meskipun beberapa pengobatan barat, tradisional, maupun buatan rumahan dapat meringankan dan mengurangi gejala ringan COVID-19, tidak ada obat yang terbukti dapat mencegah atau menyembuhkan COVID-19. WHO tidak merekomendasikan tindakan mengobati diri sendiri dengan obat apa pun, termasuk antibiotik, untuk mencegah atau menyembuhkan COVID-19.

Yang menarik untuk dicermati bahwa hanya terdapat 1 kasus kekerasan terhadap LBT yang diteruskan ke ranah hukum hingga tahap penyidikan di Jawa Tengah. Pada tahun 2020 tercatat 77 kasus kekerasan terhadap perempuan dengan disabilitas dan perempuan dengan disabilitas intelektual merupakan kelompok yang paling rentan mengalami kekerasan sebesar 45%. Istilah pencabulan dan persetubuhan masih digunakan oleh Kepolisian dan Pengadilan karena merupakan dasar hukum pasal-pasal dalam KUHP untuk menjerat pelaku. Menurut Kapolres, informasi yang beredar mengenai Covid-19 menimbulkan rasa takut yang berlebihan di tengah masyarakat.

“Nantinya uang sejumlah itu akan digunakan untuk memberikan berbagai macam fasilitasi kepada relawan kesehatan yang berjumlah 15.000, membantu 16 Rumah Sakit Pendidikan dan 13 Fakultas Kedokteran untuk pencegahan dan penanganan, serta membantu penyediaan Alat Pelindung Diri ,” bubuhnya. Adapun perincian santunan kematian program JKM naik dari Rp 16,2 juta menjadi Rp 20 juta, santunan berkala meninggal dunia dari Rp 6 juta untuk 24 bulan menjadi Rp 12 juta, dan biaya pemakaman naik dari Rp 3 juta menjadi Rp 10 juta. Tetap di rumah jika kondisi badan tidak fit agar tidak menulari orang lain. Penyakit Coronavirus 2019 adalah penyakit menular yang disebabkan oleh SARS-CoV-2, salah satu jenis Coronavirus. Penderita COVID-19 dapat mengalami demam, batuk kering, dan kesulitan bernapas.

Penanganan bagi korban covid

Virus ini juga menyebar dengan sangat cepat karena bisa pindah dari orang ke orang bahkan sebelum orang tersebut menunjukkan gejala. Camat juga berpesan, untuk selanjutnya agar masyarakat dapat mematuhi protokoler pencegahan Covid -19, di antaranya dengan memakai masker dan jaga jarak serta cuci tangan. PPh 21 ditanggung pemerintah untuk karyawan yang memiliki NPWP dan penghasilan bruto tidak lebih dari Rp200 juta setahun, yang merupakan karyawan dari 1.189 bidang industri tertentu, perusahaan KITE, dan perusahaan di kawasan berikat. Dengan demikian, karyawan sesuai ketentuan akan mendapat penghasilan tambahan dalam bentuk pajak yang tidak dipotong pemberi kerja tetapi diberikan secara tunai kepada karyawan. Pembebasan cukai etil alkohol untuk pencegahan dan penanggulangan COVID-19 berdasarkan pemesanan dari instansi pemerintah dan organisasi nonpemerintah. Insentif tenaga kesehatan di daerah sebesar Rp3,7 triliun dimaksud berasal dari Dana Alokasi Khusus Non Fisik untuk Belanja Kesehatan .

Jika tidak, salat jenazah bisa dilakukan di masjid yang sudah dilakukan proses pemeriksaan sanitasi secara menyeluruh dan melakukan disinfektasi setelah salat jenazah. Penanganan jenazah pasien Covid-19 telah melalui prosedur ketat di rumah sakit rujukan dan aman untuk dilakukan pemakaman. Fachrul juga menganjurkan agar pelaksanaan shalat jenazah dilakukan di rumah sakit rujukan.

Perlu dipahami bahwa terjadi kekurangan ketersediaan masker di seluruh dunia . Masker medis harus dialokasikan sebanyak mungkin untuk tenaga kesehatan. Masker medis direkomendasikan terutama dalam perawatan kesehatan, tetapi dapat dipertimbangkan dalam keadaan lain .

Bagi instansi pemerintah, pegawai BUMN/BUMD,prajurit TNI dan anggota Polri harus melampirkan surat izin tertulis dari pejabat berwenang disertai tanda tangan basah/tanda tangan elektronik disertai identitas diri calon pelaku perjalanan. Pemerintah mengklaim akan menjamin biaya pengobatan bagi orang yang terinfeksi virus Corona dan menyiapkan one hundred RS di seluruh Indonesia. “Tapi pemerintah belum memberikan jaminan bahwa seluruh alat kesehatan yang diperlukan untuk kesehatan dan deteksi awal apakah sudah tersedia atau belum,” katanya ketika dikonfirmasi, Jumat (6/3). Pemerintah telah mengumumkan ada penduduk Indonesia yang terpapar virus Covid-19 atau populer dengan istilah Corona. Pemerintah mengklaim telah menyiapkan berbagai upaya untuk menangani virus tersebut mulai dari memperketat pintu masuk ke Indonesia di banyak titik seperti bandar udara, dan pelabuhan serta menyiapkan fasilitas kesehatan. Sebagai penutup, Dirjen PFM menyampaikan bahwa Kemensos juga memberikan dukungan terhadap upaya gugus tugas untuk membantu kebutuhan Alat Pelindung Diri masyarakat dan petugas.

Ia mengatakan pemerintah seharusnya bisa memprediksi sejak awal bahwa lahan kubur semakin sempit di Jakarta untuk pasien COVID-19. TPU Kampung Dukuh di Jakarta Timur dapat KONG4D dicapai dalam waktu 2 menit menggunakan kendaraan bermotor dari Jalan Raya Bogor. Hanya saja Pemprov DKI Jakarta belum melakukan proses pembangunan sama sekali.