Seluk, beluk dan cara menjalankan sebuah usaha bisnis makanan yang sekarang sering viral.

Cara Merawat Pasien Corona Dari Rumah

Namun, protokol atau cara isolasi mandiri berbeda dengan sekadar berdiam diri di dalam rumah saja. Isolasi mandiri merupakan salah satu upaya yang dilakukan untuk mencegah penularan virus corona kepada orang sekitar. Ketua #SatgasCovid19 Doni Monardo mengingatkan bahwa virus Covid-19 sangat mudah menular. Penularan corona banyak terjadi di antara orang-orang yang dekat, baik itu keluarga, teman atau sahabat, atau siapa pun yang berinteraksi secara dekat.

Coba minta petunjuk dokter karena biasanya ada permakluman bagi yang kasusnya bergejala tetapi karena kondisi sehingga harus isolasi mandiri di rumah. Bahkan ada beberapa teman saya terpaksa harus ke hotel karena kondisi rumah yang tidak memungkinkan untuk melakukan proses isolasi. Ya, OTG alias Orang Tanpa Gejala bisa melakukan isolasi mandiri di rumah.

Cara untuk isolasi mandiri

Selain itu tidak memakai peralatan makan, mandi dan tempat tidur yang sama dengan anggota keluarga yang lain. Dokter Spesialis Paru-paru RS Siloam ASRI Jakarta dr. Maydie Esfandiari, Sp.P mengatakan pasien tanpa gejala diperbolehkan menjalani isolasi mandiri di rumah selama memiliki tempat. Namun jika tempatnya tak memungkinkan, kata Maydie, lebih baik ke rumah sakit atau resort isolasi mandiri yang telah disiapkan pemerintah setempat. Orang yang terinfeksi virus corona bisa menjalankan isolasi mandiri di rumah tanpa menularkan ke anggota keluarga yang lain. Untuk mencegah penularan corona sesama anggota keluarga, setiap orang harus memperhatikan berbagai ketentuan. Nah, itulah protokol isolasi mandiri di rumah yang bisa kamu lakukan di rumah, saat sakit atau berstatus sebagai Orang Dalam Pemantauan .

Buang tisu segera ke tempat sampah tertutup dan cuci tangan menggunakan sabun dan air mengalir. Oleh karena itu, orang-orang yang terinfeksi COVID-19 tapi cuma mengalami gejala ringan, dianjurkan untuk melakukan isolasi mandiri di rumah. PIKIRAN RAKYAT – Tak semua pasien positif Covid-19 harus dirawat Judi Online di rumah sakit dan menjalani perawatan intensif karena cukup banyak orang tanpa gejala . Pada 12 Januari 2021 lalu, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin meminta, warga yang positif Covid-19 namun tidak bergejala demam dan sesak untuk tidak ke rumah sakit, tetapi melakukan isolasi mandiri di rumah.

Nomor kontak dokter sangat berguna untuk menangkal isu-isu yang sering beredar di group chat. Ketika isoman, akan banyak orang menyarankan berbagai macam hal pada pasien. Sebisa mungkin, konsultasikan hal-hal tersebut kepada dokter, terutama makanan dan minuman yang dikonsumsi. Pasien dengan hasil tes positif COVID-19 jangan langsung isoman tanpa berkonsultasi dengan dokter. Dokter lah yang berkompeten memutuskan apakah pasien cukup isoman di rumah, di fasilitas isolasi terpusat, atau perlu dirawat di RS.

photo/istock/xavierarnauBila sedang menjalani isolasi mandiri, hentikan seluruh aktivitas di luar ruangan sampai dinyatakan sembuh dari Covid-19. Jumlah pasien isoman ini didapat dari penerapan hitungan WHO dengan jumlah kasus positif di Indonesia. WHO menyatakan, dari satu juta kasus positif, 80% hanya butuh dirawat di rumah.

Partikel virus bisa tetap menginfeksi ketika sudah mengenai permukaan selama beberapa waktu. Gejala tersebut seperti demam tak kunjung turun atau tambah tinggi, batuk kian parah, muncul sesak napas, penurunan kesadaran, lemas, tidak mau makan dan minum, dan kadar oksigen di bawah 90%. Tempatkan semua sarung tangan sekali pakai, masker, dan barang terkontaminasi lainnya di tempat sampah berlapis.

Bisa juga orang yang melakukan kontak erat dengan pasien Covid-19. Lalu, tempatkan pasien di ruang sendiri dengan ventilasi yang baik, meminimalisir berbagi ruangan dan memastikan ruang bersama berventilasi baik. Langkah lain yang harus dilakukan saat sedang menjalani isolasi mandiri tidak lain memisahkan pasien dengan anggota keluarga lain. Minimalisasikan berbagi ruangan dengan anggota keluarga lainnya dan membatasi jumlah orang yang merawat pasien.