By | January 22, 2021

Dalam surat edaran itu mengatur beberapa tahapan bagi warga negara asing maupun Warga Negara Indonesia dari negara asing. Khusus WNA dari Inggris, baik secara langsung maupun transit di negara asing, tidak dapat memasuki wilayah Indonesia untuk sementara waktu. Varian baru dari virus corona yang beredar di Inggris terdeteksi di Swedia setelah seorang pelancong dari Inggris jatuh sakit pada saat kedatangan dan dinyatakan positif mengidapnya, Badan Kesehatan Swedia mengatakan pada 26 Desember.

Dan jika hasilnya negatif, maka pendatang harus melakukan tahapan lanjutan yaitu isolasi selama 5 hari ,” jelasnya. Ali Mazi mengungkapkan, penolakan tersebut didasarkan pada kondisi yang tidak memungkinkan meskipun para TKA itu disertai dengan surat-surat pendukung bebas dari virus corona. Bupati Kepulauan Sangihe Sulawesi Utara Helmud Hontong meninggal dunia dalam penerbangan Lion Air JT-740 dengan rute Denpasar-Ujung Pandang. Ekonom Narasi Institute Achmad Nur Hidayat mempertanyakan aspek keadilan ekonomi rencana pajaki sembako, pendidikan, dan kesehatan. Wakil ketua DPR yang juga Ketua Umum PKB Abdul Muhaimin Iskandar meminta pemerintah meninjau ulang rencana PPN sembako.

“Iya dan mereka sedang isolasi sesuai SE Satgas 8/2021,” kata juru bicara Kementerian Kesehatan Nadia Wiweko, saat dimintai konfirmasi, Sabtu, eight Mei 2021 seperti dilansir Detik.com. Kedatangan WNA China ke Indonesia terjadi saat Pemerintah Indonesia tengah memberlakukan larangan mudik bagi warganya untuk menghindari lonjakan kasus COVID-19. Van Kerkhove mengatakan WHO juga mencari Judi Online ahli epidemiologi lokal sebagai perpanjangan ‘mata dan telinga’ bagi badan tersebut untuk lebih memahami situasi di lapangan dan membantu mengidentifikasi varian lain yang berpotensi berbahaya. Meski banyak orang menduga varian ini berbahaya, pimpinan teknis WHO untuk Covid-19 Maria Van Kerkhove mengatakan perlu lebih banyak penelitian untuk sepenuhnya memahami varian baru ini.

Kedatangan 85 warga negara asing asal Cina ke Indonesia melalui Bandara Soekarno-Hatta dengan menggunakan pesawat China Southern Airlines menjadi sorotan publik. Di satu sisi pemerintah membuat kebijakan larangan mudik Lebaran untuk mencegah terjadinya lonjakan kasus Covid-19, namun disisi lain justru ada WNA yang diperbolehkan masuk ke Indonesia. Apalagi belakangan diketahui bahwa dua di antara eighty five WNA asal China tersebut ternyata positif Covid-19. Kedatangan ratusan warga negara asing asal China ke Indonesia menimbulkan kontroversi di tengah situasi masyarakat diminta “berperang” terhadap penyebaran Covid-19, mulai menerapkan protokol kesehatan ketat hingga larangan bepergian ke luar kota atau mudik. Kebijakan mengizinkan warga China masuk ke Indonesia dinilai kontraproduktif dan membuat masyarakat geram dengan mencibir pemerintah.

China kedatangan varian baru covid

Menkes Budi Gunadi Sadikin mendorong pengutamaan produk alat kesehatan dalam negeri untuk mengurangi ketergantungan impor. Anggota staf ahli Menteri Keuangan bidang Pengeluaran Negara Kunta Wibawa mengakui belum membahas PPN sembako dengan DPR. Haryadi mengaku prihatin dengan pernyataan Kementerian Kesehatan beberapa hari yang lalu soal karantina WNI di Natuna dilakukan untuk pembuktian apakah mereka terinfeksi virus Corona atau tidak. Setelah dievakuasi dari kota di Provinsi Hubei itu, ratusan WNI akan dikarantina selama kurang lebih dua pekan di Natuna untuk memastikan mereka sehat dan bebas dari virus Corona. Singapura telah melakukan pengurutan genom virus untuk kasus Covid-19 terkonfirmasi yang tiba dari Eropa baru-baru ini. Pada 22 Desember, Menteri Kesehatan Belanda Hugo de Jonge mengatakan varian baru yang diidentifikasi di Inggris ditemukan dalam dua kasus di daerah Amsterdam.

“Data kedatangan dari China menggunakan beberapa penerbangan dengan waktu kedatangan yang berbeda. Dari keseluruhan yang sudah dilakukan swab pertama, terdapat dua orang positif tanpa gejala,” jelas Kasubdit Karantina Kesehatan Direktorat Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kementerian Kesehatan Benget Saragih, Jumat, 7 Mei 2021. Setelah itu, mereka juga harus diuji PCR dengan hasil negatif sebelum bisa keluar dari karantina. Pemerintah telah mengkonfirmasi ditemukannya dua kasus positif mutasi baru Virus Corona B117 yang berasal dari Inggris. Dalam telekonferensi pers dipantau di Jakarta, Selasa, Wiku menuturkan pemerintah juga menjaga pintu-pintu kedatangan dari luar negeri guna mencegah kembali masuknya mutasi baru Corona B117.

Meski begitu, pengamanan di negara berpenduduk terbanyak di dunia itu, khususnya di wilayah Ibu Kota Beijing, diperketat. Liputan6.com, Beijing- China telah mengonfirmasi kasus pertama dari varian baru Virus Corona COVID-19 di wilayahnya. Pasien tersebut dipastikan memiliki jenis Corona yang berbeda dengan yang umum ditemui di Wuhan maupun China. Varian Corona Inggris yang belakangan diidentifikasi sebagai B117 sudah menyebar lebih dulu di Inggris sejak Oktober. Menyusul Singapura dan India, China ikut melaporkan kasus pertama varian baru Corona dari Inggris.

“Saya telah diyakinkan bahwa China tengah mempercepat prosedur internal untuk penempatan sedini mungkin,” katanya. Berita video ucapan terima kasih dan dukungan dari Ketum PSSI, Mochamad Iriawan; Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong; dan insan sepak bola dan futsal nasional untuk dokter dan para tenaga medis, pahlawan penanganan virus corona COVID-19. Perjalanan tim ahli dari WHO ini baru terealisasi lebih dari setahun setelah pandemi bermula.

Satgas Covid-19 optimistis vaksin yang sekarang sedang dikembangkan bisa melawan virus corona terbaru yang ditemukan di Inggris. Bagi WNA dari wilayah Eropa dan Australia, baik secara langsung dan transit harus menunjukkan hasil tes negatif RT-PCR yang dikeluarkan fasilitas kesehatan di negara asal yang berlaku maksimal 2×24 jam sebelum tanggal jam keberangkatan. Hari Minggu, Aljazair menetapkan penggunaan vaksin Sputnik V Rusia untuk melawan virus corona, menjadi negara Afrika pertama yang melakukan demikian, sebut lembaga pengelola investasi Rusia, RDIF. Organisasi Kesehatan Dunia mengirim satu tim pakar internasional ke China pekan ini untuk menyelidiki asal usul virus corona.