By | January 19, 2021

Organisasi Kesehatan Dunia mengimbau orang yang terinfeksi corona untuk mengenakan masker untuk menekan penyebaran partikel terinfeksi di udara dan menurunkan risiko penularan. Orang yang merawat pasien juga harus mengenakan masker ketika memasuki ruangan orang yang terinfeksi. Keluarga Anda juga perlu menjalani isolasi mandiri bila sama-sama menderita Covid-19. Atau yang melakukan kontak erat dengan pasien wajib karantina selama 14 hari.

Dalam eksperimen, kucing dan musang dapat menularkan infeksi ke hewan lain dari spesies yang sama, tetapi tidak ada bukti bahwa hewan-hewan ini dapat menularkan penyakit ke manusia dan berperan dalam menyebarkan COVID-19. COVID-19 menyebar terutama melalui percikan yang dihasilkan ketika orang yang terinfeksi batuk, bersin, atau berbicara. Masker medis direkomendasikan terutama dalam perawatan kesehatan, tetapi dapat dipertimbangkan dalam keadaan lain .

Penderita COVID-19 harus mengisolasi diri di rumah jika mengalami gejala corona dan hindari aktivitas berat saat merasa tidak sehat. Jika tidak memungkinkan menggunakan sabun dan air, gunakan pembersih tangan yang setidaknya mengandung 60% alkohol. Hindari menyentuh mata, hidung, dan mulut Anda dengan tangan yang belum dicuci. Jika tidak memungkinkan menggunakan sabun dan air, gunakan pembersih tangan yang setidaknya mengandung 60 persen alkohol. Pilih ruangan yang jauh dari jangkauan orang lain dan hewan peliharaan yang berada di dalam satu rumah.

Cara untuk isolasi mandiri

Tim KawalCOVID-19 berbincang dengan dr. Sayuri Suwandi, SpPD dan dr. Dirga Sakti Rambe, SpPD, untuk menjawab pertanyaan seputar cara isolasi mandiri yang benar. Berikut ringkasan dari dua sesi Instagram Live yang bisa dilihat di sini. Menjaga tubuh tetap terhidrasi sangat penting, terutama kalau pasien mengalami demam, demi menggantikan Slot Online Indonesia cairan yang hilang lewat keringat. Mereka juga perlu mengenakan sarung tangan kalau akan kontak dengan cairan dari pasien, seperti muntahan, feses atau saliva. Nah, tinggal berdekatan dengan seseorang yang terjangkit COVID-19 berarti kita juga harus memikirkan cara untuk mencegah penularan dari masing-masing cara di atas.

Agar tidak menularkan wabah virus berbahaya ini, maka penting bagi para penderita covid-19 tanpa gejala untuk dapat melakukan isolasi mandiri secara benar. Melakukan isolasi mandiri dipercaya mampu menekan angka penyebaran yang belum mengalami penurunan. Pastikan kamar atau ruangan isolasi Anda memiliki ventilasi udara yang baik dan tetap berada di dalam ruangan tersebut dengan pintu tertutup. Sejumlah protokol harus ditaati agar tak menimbulkan kasus baru. Ketua Bidang Perubahan Perilaku COVID-19 Sony Harry B Harmadi pun menyebut ada lima langkah yang harus dilaksanakan saat isolasi mandiri.

Anda tetap dapat menjalankan aktivitas sehari-hari dari rumah, seperti bekerja, pesan bahan belanja secaraonline, atau bahkan berinteraksi dengan orang lain secaraonline. Kemudian, isolasi mandiri akan terasa ringan jika Anda tetap semangat, berpikiran positif, optimistis, makan makanan bergizi, lakukan hal yang Anda sukai, dan coba mengisi waktu dengan hal profuktif. Berbeda dengan kedua orangtua Lita yang sudah senja, jadi harus dibawa ke rumah sakit berdasarkan rujukan Puskesmas. Lita dan anaknya, Langit, merupakan pasien Covid-19 gejala ringan dan kondisi rumah pun memungkinkan untuk isolasi mandiri. Menghindari isolasi mandiri di rumah penting untuk dipertimbangkan.