By | January 20, 2021

Selama isolasi mandiri kita memiliki hak untuk dipantau oleh dinas dan fasilitas kesehatan terdekat serta melakukan isolasi di fasilitas khusus bila tidak mampu memenuhi kriteria atau melaksanakan isolasi mandiri. Untuk pakaian, sprei dan handuk pasien bisa dicuci menggunakan mesin cuci dengan air 60 derajat – ninety derajat celcius dan deterjen, ditempatkan pada kantung khusus dan menggunakan sarung tangan saat mencuci. Untuk membersihkan permukaan di sekitar pasien termasuk bathroom dan kamar mandi bisa menggunakan sabun atau deterjen rumah tangga atau larutan NaOCI zero,5%. Sebetulnya, yang perlu melakukan isolasi mandiri adalah pasien Covid-19 tanpa gejala atau gejala ringan dan suspek Covid-19 gejala ringan tanpa komorbid.

Cara untuk isolasi mandiri

Sementara itu untuk makanan, Lita mendapat bantuan dari keluarga yang tinggal dekat dengan rumahnya. Tante dan sepupunya mengantar makanan dan hanya digantung di pagar aja. “Ketiga, makan-makanan yang bergizi, sayur, dan buah sudah pasti. Menurut beberapa teman yang pernah terkena Covid-19, memperbanyak makan sayur berkuah dan hangat, serta minumnya air hangat. Keempat, mendisinfektan mandiri isi rumah setiap hari,” tuturnya.

Pemulasaran jenazah dilakukan sesuai protokol kesehatan untuk mencegah terjadinya transmisi atau penularan penyakit baik dari jenazah ke petugas kamar jenazah maupun ke lingkungan sekitar. Pastikan untuk Daftar Slot Terpercaya selalu memakai masker dengan cara yang benar, ganti jika basah/kotor, dan cuci masker kain dengan benar. Lalu, memisahkan alat makan dan barang yang digunakan pasien dengan anggota keluarga lain.

Selama isolasi mandiri di rumah, gunakan kamar terpisah dengan keluarga lain, dan jaga jarak 1 meter dari anggota keluarga. Lalu, bagaimana cara menjalani prosesi isolasi mandiri di rumah, terutama ketika kita tinggal bersama dengan anggota keluarga lainnya? Menurut dokter spesialis penyakit dalam, dr. Robert Shinto, SpPD-KHTI, isolasi berarti seseorang tidak boleh keluar rumah atau pergi ke tempat-tempat umum walaupun untuk bekerja. Jika hasil pemeriksaan sampel dinyatakan positif, lakukan isolasi diri sendiri. Apabila memiliki penyakit bawaan berdasarkan rekomendasi petugas kesehatan, maka dilakukan perawatan di rumah sakit. Jika harus meninggalkan rumah untuk perawatan medis, pastikan selalu mengenakan masker dan menjaga jarak setidaknya sekitar 2 meter.

Prinsip utama dari isolasi mandiri ini adalah dengan menghindari kontak dengan orang lain. Hindari penggunaan alat makan, handuk, bantal, dan benda-benda lain secara bersamaan dengan orang lain. Anda wajib melakukan isolasi mandiri apabila Anda memiliki gejala-gejala COVID-19 seperti demam, batuk, sakit tenggorokan, sesak napas, diare, kehilangan indra penciuman atau rasa.

Selama isolasi, perlu dihindari pemakaian barang pribadi bersama-sama, seperti alat makan, alat mandi atau sprei. Pastikan Anda selalu menjaga kebersihan tangan dengan mencuci tangan menggunakan sabun dan air bersih mengalir, atau cairan antiseptik berbahan dasar alkohol. • Jalankan etika batuk dan bersin dengan cara menutup mulut dan hidung dengan siku terlipat atau tisu.

Beberapa laporan menunjukkan bahwa orang tanpa gejala dapat menularkan virus ini namun belum diketahui seberapa sering penularan dengan cara tersebut terjadi. WHO terus mengkaji perkembangan penelitian tentang cara penyebaran COVID-19 dan akan menyampaikan temuan-temuan terbaru. Jaga jarak sosial setidaknya 1 meter dengan orang Iain, terutama dengan mereka yang batuk, bersin, dan demam. Hubungi segera petugas pelayanan kesehatan jika sakit memburuk seperti sesak napas untuk dirawat lebih lanjut. Harus isolasi mandiri, memantau diri sendiri untuk menghindari kemungkinan penularan kepada orang-orang di sekitar termasuk keluarga.