By | January 30, 2021

Untuk mengantisipasi kejadian itu, masyarakat diimbau mengenakan masker ke mana pun pergi di space publik. Namun manfaat masker kain corona tersebut bisa didapatkan selama memenuhi persyaratan untuk mendukung efektivitasnya. Masker bedah merupakan masker tahan air yang punya tiga sampai empat lapisan dengan lapisan penyaring di tengahnya. Respirator adalah masker medis dengan daya saring lebih tinggi dan tepian yang rapat untuk mencegah virus masuk.

Pemakaian masker juga penting di dalam rumah, dalam kondisi ketika ada tamu dari luar rumah, jika ventilasi tidak baik dan upaya penjagaan jarak minimal 1 meter tidak dapat dilakukan. Jadi, alasan utama untuk melanjutkan tindakan pencegahan adalah untuk melindungi diri Anda sendiri. Dan jika sudah divaksin tetap tertular Covid-19, maka gejala yang dirasakan tidak parah. Cuci tangan kalian sesering mungkin dengan menggunakan sabun dan air atau antiseptik berbasis alkohol. “Untuk mencegah penularan dari klaster perkantoran, kami juga sudah mengeluarkan Surat Edaran tentang Protokol Kesehatan Pribadi,” kata Wali Kota Depok. “Pemkot Depok menggunakan jaringan-jaringan yang ada. Tidak hanya TNI atau Polri, tetapi seluruh organisasi masyarakat , lembaga, dan komunitas serta tokoh agama, sosial, dan budaya akan dikerahkan untuk menyadarkan masyarakat untuk memakai masker,” katanya.

Penting nya memakai masker

Masker non-medis meliputi masker kain yang direkomendasikan digunakan ketika berada di tempat umum atau dalam kondisi yang tidak memungkinkan untuk jaga jarak. Masker medis diperuntukkan bagi tenaga kesehatan, orang sakit dan menunjukkan gejala. Melalui kicauan di akun Twitter-nya, dokter penyakit menular dari University of California, San Francisco, Dr Monica Gandhi mengapresiasi temuan dari CDC tersebut. “Pesan ini adalah kunci untuk meningkatkan kepatuhan dalam memakai masker,” kata Monica.

Jokowi menilai mayoritas individu Indonesia telah sadar pentingnya menaati protokol kesehatan dengan memakai masker saat beraktivitas, menjaga jarak fisik, dan mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir. Kepala Negara menyebut memakai Slot Online Terbaik masker menjadi kebiasaan baru di masa pandemi. Memakai masker pada masa pandemi Covid-19, menjadi hal wajib dilakukan setiap orang. Sayangnya, masih ada saja warga yang mengabaikan anjuran untuk memakai masker saat keluar rumah.

Hal ini dapat menjelaskan mengapa dijumpai adanya klaster rumah sakit atau yang sering disebut nosokomial seperti yang dikemukakan Heinzerling, et al . Inilah yang menjadi salah satu dasar kebijakan diharuskannya semua orang yang akan beraktivitas diluar rumah dan berinteraksi dengan orang lain untuk menggunakan masker, karena kebijakan sebelumnya penggunaan masker hanya untuk mereka yang sakit/ penderita covid-19. Selanjutnya adalah masker bedah, masker bedah efektif digunakan untuk mencegah penyebaran virus Corona karena memiliki lapisan yang mampu menghalau percikan air liur. Umumnya masker bedah terdiri dari three lapisan, yaitu lapisan dalam untuk menyerap cairan yang keluar dari mulut, lapisan tengah untuk memfilter kuman, dan lapisan luar yang anti air. Masker bedah diutamakan digunakan untuk petugas medis dan orang yang sakit untuk mencegah penularan virus ke orang lain.

“Cara-cara untuk memutus rantai covid19 adalah menggunakan masker, cuci tangan dengan sabun, dan tetap menjaga jarak,” pungkas Wiku. Memakai masker itu penting agar dapat mengurangi risiko masuknya virus corona melalui lubang hidung atau mulut. TayanganBelajar dari Rumah TVRImembahas mengapa penggunaan masker saat pandemi virus corona merupakan hal penting. Kegitan sosialisasi dan edukasi ini selain dilaksanakan di Pasar Tlogomulyo juga dilaksanakan dengan berkeliling menggunakan mobil penerangan di wilayah Desa Tlogomulyo. Hal ini dilakukan agar warga yang tidak berada di pasar juga tahu tentang manfaat penggunaan masker.